Workhsop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja

Jum’at, 25 Agustus 2023. SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta Menyelenggarakan Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja.

Acara dimulai pukul 13.00 dibuka oleh pembawa acara Ibu Sindy Marcelina, M.Pd. dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Yayasan Al Wathoniyah 9 dan Mars Dinamika Pembangunan 1 Jakarta yang dipandu oleh Ibu Eulis Krisnadewi, S.H. Selanjutnya pembacaan doa pembuka untuk manfaat dan kelancaran acara dipimpin oleh ust. Ahmad Zarkasi, S.H.I.

Sambutan pembukaan disampaikan oleh Kepala Sekolah bapak Sukarno, S.T., M.M. yang menyambut kehadiran narasumber dan peserta workshop dan berharap agar workshop dapat diikuti dengan sepenuh hati dan semangat tinggi serta pendidik dapat menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan dan tuntutan pada dunia kerja saat ini, sehingga siswa dapat lebih siap dalam menghadapi tantangan di dunia kerja setelah lulus. Workshop ini menjadi kegiatan penting untuk menciptakan sinergi antara dunia pendidikan dan dunia kerja bagi SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta sebagai SMK pusat keunggulan.

Pengarahan disampaikan oleh Bapak Faizal Riza, M.Kom. yang menyampaikan penjelasan teknis penyelarasan kurikulum yang bertujuan untuk menyesuaikan kurikulum di SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta dengan kebutuhan dan tuntutan dunia kerja. Sehingga materi pembelajaran yang diajarkan di sekolah relevan dan sesuai dengan perkembangan industri. Setelah kegiatan pembukaan workshop dilanjutkan dengan  kegiatan penyelarasan kurikulum di bengkel masing-masing jurusan bersama ketua program keahlian dan industri pasangan yang diikuti oleh pendidik yang terundang mengikuti kegiatan workshop.

Peserta workshop ini tidak hanya diikuti oleh pendidik produktif SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta. Bapak Sukarno, S.T., M.M. selaku kepala sekolah juga mengundang pendidik kejuruan. Pendidik kejuruan yang ikut serta memenuhi undangan untuk bergabung pada workshop penyelarasan pembelajaran berbasis dunia kerja merupakan pendidik yang mengampu mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, kewirausahaan, dan matematika. Workshop ini memberikan kesempatan bagi para pendidik untuk memahami perkembangan di dunia kerja dan industri sehingga pendidik dapat mengajar lebih efektif kedepannya.

SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 26/D/O/2022 sebagai pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Bidang Teknologi dan Rekayasa.  Selanjutnya dikuatkan dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 18/D/O/2023 tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Skema Reguler Lanjutan Tahap I Tahun 2023. Dengan penetapan tersebut SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta bertekat untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran berpusat pada peserta didik yang secara simultan diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan.

Facebook Comments