SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK PK)

SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK PK)

Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) adalah salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud pada tahun 2021. Tujuan dari lahirnya program ini adalah mewujudkan pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu. Sehingga, terdapat peningkatan kualitas dan kinerja.

Pencapaian tersebut harus didukung dan diperkuat dengan adanya kerja sama dan kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Selain itu, juga hadirnya dukungan dari pemerintah daerah setempat dan perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping.

Dilansir dari laman Kemendikbud, Dirjen Pendidikan Vokasi menggarisbawahi bahwa program SMK Pusat Keunggulan bukanlah untuk membentuk “menara gading” atau sekolah favorit dibandingkan sekolah-sekolah lainnya. Melainkan, sekolah yang menjadi SMK PK diharapkan menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kinerja dan kualitas sekolah-sekolah di sekitarnya. Sehingga, semakin relevan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, menjelaskan bahwa SMK PK merupakan salah satu program unggulan yang akan menjadi ‘Merdeka Belajar’ yang ke-8. Proses persiapan pada program ini juga sangat detail, mengingat program ini berkaitan dengan 1,5 juta lulusan SMK di Indonesia. Baik lulusan yang bekerja, wirausaha, ataupun melanjutkan ke perguruan tinggi, semuanya harus ‘link and match’ dengan dunia usaha dan dunia industri.
Berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi no.12/D/O/2022, SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta ditetapkan menjadi SMK Pusat Keunggulan tahap 1, bekerja sama dengan industri PT. RPA (Rachmat Perdana Adhimetal) dan menunjuk jurusan Teknik Pemesinan (TP) dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) sebagai jurusan yang linier.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka dibuat Teaching Factory yang terletak di Pusat Industri Kecil (PIK) yang berada di Kelurahan Penggilingan, Cakung Jakarta Timur. Guru yang terkait dengan jurusan tersebut juga ditugaskan untuk magang selama 1 bulan di PT. RPA untuk menunjang kompetensi guru dan menambah pembelajaran bagi siswa.

Facebook Comments