Home / Berita / SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta, Laksanakan Sholat Istisqa

SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta, Laksanakan Sholat Istisqa

Jumat (4/10) seluruh  Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Siswa-siswi SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta melaksanakan Sholat Istisqa yang berlangsung di lapangan SMK Dinamika Pembanguan 1 Jakarta. Kegiatan yang di mulai dari pukul 06.30 wib di awali dengan Sholat Istisqa, Khutbah dan di tutup dengan Doa.

Pelaksanaan sholat istisqo ini dilatarbelakangi oleh kondisi iklim yang masuk pada fase kemarau panjang. Terlebih ditambah musibah kebakaran hutan, maka kami merasa perlu mengerahkan para tenaga pendidik dan kependidikan serta siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan ini.

Ibnu ‘Abdil Barr berkata: “Para ulama telah ber-‘ijma bahwa keluar beramai-ramai untuk shalat istisqa di luar daerah dengan doa dan memohon kepada Allah untuk menurunkan hujan ketika musim kemaran dan kekeringan melanda hukumnya adalah sunnah, yang telah disunnahkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam tanpa ada perbedaan pendapat diantara para ulama dalam hal ini”.

Shalat istisqa merupakan salah satu upaya (usaha) spiritual untuk mendapatkan “siraman air” dari langit. Shalat istisqa juga untuk menjauhkan kita dari sifat sombong dan putus asa.

Salah satu doa yang diajarkan Nabi SAW dalam khotbah sebelum shalat istisqa adalah Allahumma isqina al-ghaitsa wa la taj’alna min al-qanithin (Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan dan janganlah Engkau jadikan kami termasuk orang-orang yang berputus harapan)

Facebook Comments

Check Also

Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS

Sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan, salah satu langkah yang harus ditempuh oleh lembaga pendidikan adalah …