PROGRAM 4 FUN

Perkembangan manusia sejak lahir sampai meninggal dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Manusia dapat dikategorikan berdasarkan usia, yakni bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa. Perkembangan manusia dapat juga dilihat dari kemampuan motorik, perkembangan berpikir, dan aspek-aspek lainnya.

Masa perkembangan manusia yang paling menonjol dan cukup krusial adalah masa remaja. Di masa remaja, manusia beralih dari masa anak-anak menuju dewasa. Beragam perubahan tubuh pun mulai terlihat.

Remaja adalah waktu manusia berumur 13-18 tahun. Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa.

Tidak hanya perubahan fisik, cara berpikir pun ikut berubah. Mereka akan mulai mencoba-coba sesuatu yang terlihat menarik. Dan kerap kali tidak memikirkan konsekuensi yang akan diterima dari perbuatan yang dilakukan. Misalnya mencoba rokok, obat-obatan terlarang, seks yang tidak aman, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, remaja membutuhkan pendampingan dalam masa pertumbuhannya. Mereka harus memahami pergaulan sehat, edukasi soal seksualitas, dan lain sebagainya.

Yayasan Al Wathoniyah Asshodriyah 9 merupakan sebuah yayasan yang memiliki lima (5) tingkatan Lembaga Pendidikan, mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga tingkat Sekolah Menengah Kejuruan, maka melalui kolaborasi yang dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan SMK Dinamika Pembangunan 1-2 Jakarta bersama Divisi Media & Informasi Alwaysh9 serta didukung penuh oleh pihak Yayasan Al Wathoniyah Asshodriyah 9, menyelenggarakan sebuah kegiatan Seminar Pendidikan dengan tema umum tentang pendampingan remaja dimasa pertumbuhan. Kegiatan Seminar Pendidikan ini diberi nama “4Fun” dengan memiliki 4 konsep utama, yaitu Jaga Diri, Akal, Hati dan Kepercayaan.

Kegiatan ini, dipandu oleh para Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dari masing-masing Lembaga Pendidikan SMK Dinamika Pembangunan 1-2 Jakarta, dengan penyampaian materi berupa Tata Tertib Aktifitas Di Sekolah. Sedangkan Tim Bimbingan Konseling (BK) dari masing-masing Lembaga Pendidikan, memberikan materi berupa ciri-ciri pertumbuhan remaja.

Materi inti dari kegiatan “4Fun” ini, disampaikan oleh Ust.Sofyan Jamalludin, S.Hi., yang menjelaskan kisah-kisah kenakalan remaja dalam perspektif Islam. Dalam menyampaikan kisah-kisah menarik dari sudut pandang Islam, Ust.Sofyan menjelaskan dengan metode berdiskusi, dimana sesekali memberikan sebuah interaksi berupa “permainan” sederhana, yang selanjutnya akan disimpulkan menjadi sebuah renungan mendalam.

Kegiatan “4Fun” ini, direncanakan akan dijadikan sebagai program tetap setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan, Yayasan Al Wathoniyah Asshodriyah 9, menyadari bahwa perkembangan jaman di era digitalisasi saat ini, diperlukannya sebuah strategi khusus dalam menjaga generasi muda agar tetap pada jalur yang benar dan sesuai dengan kaidah-kaidah agama.

Facebook Comments