Home / Artikel / Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Senin (28/10) SMK Dinamika Pembangunan 1-2 Jakarta melaksanakan kegiatan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Gedung C SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta, Pembina upacara oleh Elang Prabowo, S.Pd.
Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”, tema ini di ambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah di bangun oleh para pemuda yang telah diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Peristiwa sumpah pemuda dilatar belakangi oleh munculnya dorongan untuk bersatu dalam diri pemuda Indonesia. Bagaimana tidak, sejak zaman dahulu bangsa kita terpecah belah akibat perbedaan suku, agama, dan ras/kelompok. Pemuda menganggap keadaan tersebut membuat penjajah semakin mudah untuk melakukan politik adu domba atau yang populer di kenal dengan nama politik ”Devide et Impera“. Perlawanan terhadap penjajah pun sangat sulit untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan oleh perlawanan bangsa Indonesia yang kala itu lebih banyak bersifat fisik dan kedaerahan sehingga sangat mudah dipatahkan oleh penjajah. Para pemuda terpelajar menyadari kondisi ini dan mereka mulai berpikir untuk mengubah strategi perlawanan, dari gerakan fisik menjadi gerakan politik.

Maka bermunculanlah beragam organisasi-organisasi kepemudaan di daerah. Beberapa di antaranya yang cukup terkenal adalah seperti berikut :

  • Jong Java (Pemuda Jawa)
  • Jong Sumatra Bond (Pemuda Sumatra)
  • Jong Minahasa (Pemuda Minahasa)
  • Jong Celebes (Pemuda Sulawesi), dan lain-lain

Menyadari pentingnya persatuan, mereka menginginkan agar organisasi-organisasi yang bersifat kedaerahan itu melebur diri menjadi satu organisasi yang bersifat nasional, untuk bersama-sama melawan penjajah. Sebab, pengalaman mengajarkan, bahwa organisasi bersifat kedaerahan sangat mudah dipatahkan oleh penjajah. Mereka semua akhirnya bersepakat untuk melakukan kongres pemuda. Kongres itu dikerjakan untuk menyatukan organisasi-organisasi kepemudaan yang saat itu terpecah belah.

Kongres pemuda itu sendiri diselenggarakan di Jakarta dan terjadi sebanyak dua kali, yakni Kongres Pemuda I berlangsung pada tanggal 30 April – 2 Mei 1926 dan Kongres Pemuda II berlangsung pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928. Pada Kongres Pemuda II tersebut, mereka mengeluarkan sebuah ikrar, yang di kenal dengan nama ”Sumpah Pemuda “.

Facebook Comments

Check Also

Lepas Sambut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengadakan acara lepas sambut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi …