Home / Artikel / PAMERAN SMK MENYONGSONG REVOLUSI INDUSTRI 4.0: BUKTI PRESTASI SMK

PAMERAN SMK MENYONGSONG REVOLUSI INDUSTRI 4.0: BUKTI PRESTASI SMK

Dalam rangka menyongsong Industri 4.0 Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud mengadakan Pameran Pendidikan. Dalam pameran pendidikan ini pun diisi dengan agenda seminar pendidikan kejuruan dan pameran pendidikan. Dalam acara ini pun sekaligus ada pemberian penghargaan kepada insan SMK berprestasi di bidang kewirausahaan. Acara ini dihadiri langsung dan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy.

Direktur Pembinaan SMK, Dr. Bakrun menegaskan bahwa “pameran ini adalah upaya untuk menunjukan kepada publik bahwa SMK siap menjawab tantangan zaman dan berkontribusi untuk peradaban”.  Dalam kegiatan ini, “kita juga menampilkan sekolah-sekolah berprestasi di bidang teknologi sampai dengan pariwisata”, pungkasnya.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, staf ahli menteri, SMK berprestasi hingga dunia usaha dan Industri. Acara seminar ber-tema-kan banyak hal terkait dengan pengembangan SMK untuk menunjang dan menyongsong Revolusi Industri 4.0 sedangkan pameran pendidikan berisikan 87 Sekolah berprestasi dibidang applied science.

87 Sekolah yang hadir, memajangkan hasil karya dan prestasi siswa SMK namun masih banyak sekolah lain yang berprestasi sesuai dengan bidang keahlian tidak hadir karena terkendala tempat yang terbatas. Dari pameran tersebut dapat dilihat beberapa karya seperti robotik, desaign smart school, tourism promotion, 3D Printing dll. Kesemuanya yang ditampilkan telah menuai prestasi masing-masing. Bahkan ada karya siswa SMKN 1 Jember yang telah membuat 10 game pendidikan dan telah sering kali menerima juara 1 lomba game developer bidang pendidikan.

Selain itu pula prestasi yang luar biasa dalam pameran ini adalah kemampuan berwirausaha siswa SMK yang harus diapresiasi. “Program SMK Pencetak wirausaha berhasil mendorong para siswa untuk berwirausaha, terbukti ada siswa yang omsetnya sudah mencapai 40an juta dalam 3 bulan, ini adalah prestasi yang luar biasa”, ujar Kasubdit Kurikulum Dit. PSMK.

Acara ini sangat penting untuk memberitahukan kepada publik bahwa SMK syarat akan prestasi. Mari kita bangga dengan SMK! SMK BISA, SMK HEBAT!

sumber : https://psmk.kemdikbud.go.id/

Facebook Comments

Check Also

Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Senin (28/10) SMK Dinamika Pembangunan 1-2 Jakarta melaksanakan kegiatan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di …