UPDATE TEKNOLOGI DAN BENCHMARKING SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA DI PT. RACHMAT PERDANA ADHIMETAL (RPA)

Jakarta – 26 Oktober 2022 SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta melakukan Update Teknologi dari dunia kerja pada pendidik dan studi banding (Benchmarking) ke PT. Rachmat Perdana Adhimetal (RPA) yang beralamat di Kawasan Industri Delta Silicon 2 Jl. Pinang Blok F17 No. 2 Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Pendidik yang ditugasi berjumlah 10 orang yaitu ketua Tim SMK PK, Wakil kepala sekolah (kurikulum, hubungan industri, sarana prasarana) dan seluruh kepala progam keahlian. Didampingi oleh kepala sekolah, bapak Mulyana, S.H.,M.M. beserta perwakilan dari Yayasan Al – Wathoniyah Asshodriyah 9, bapak Saman, S.E.,M.M. selaku kepala bagian Tata Usaha dan bapak H. Haidar Shodri, S.H.,M.M. selaku Koordinator Harian Yayasan.

Disana, kami disambut dan diarahkan untuk menuju ruang rapat. Acara diawali sambutan oleh Kepala Sekolah dan dilanjutkan dengan materi dari pihak PT. RPA tentang sejarah singkat perusahaan, Mitra Kerjasama yang terlibat di dalam perusahaan, produk-produk yang dihasilkan, standar operasional, serta standar keselamatan kerja.

Setelah semua materi selesai, dilanjutkan dengan istirahat dan kunjungan ke bagian produksi. Disana kami dihadapkan pada banyak mesin yang sedang beroperasi dan karyawan yang sibuk dengan bagiannya masing -masing. Mulai dari tahap pengolahan awal produksi bahan mentah hingga tahap finishing / pengepakkan.

Dalam kegiatan benchmarking ini bertujuan untuk mempelajari tentang implementasi manajemen Teaching Factory yang sedang dirintis oleh Teknik Pemesinan SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta. Selain itu, diharapkan kegiatan benchmarking dapat memberikan gambaran bagi seluruh ketua program keahlian untuk dapat mengembangkan kompetensi keahlian para siswa lulusan sehingga mereka lebih siap masuk dunia kerja. Lebih jauh diharapkan bukan hanya siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri (DUDI), tapi juga siap menjadi pelaku usaha (berwirausaha).