Home / Artikel / 24 Januari 2019 adalah kali pertama diperingatinya Hari Pendidikan Internasional

24 Januari 2019 adalah kali pertama diperingatinya Hari Pendidikan Internasional

Tanggal 24 Januari 2019 adalah kali pertama diperingatinya Hari Pendidikan Internasional (International Day of Education). Hari tersebut baru saja ditetapkan pada Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang terlaksana Desember 2018 lalu.

Perserikatan Bangsa-Bangsa merancang Hari Pendidikan Internasional (International Day of Education) dalam rangka untuk memperingati betapa pentingnya peran pendidikan bagi kehidupan manusia, terutama dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan perdamaian di dunia.

Dalam Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan, pendidikan diposisikan pada urutan ke-4 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). UNESCO sebagai badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menangani bidang pendidikan, sains, dan kebudayaan didaulat sebagai pihak yang memegang peran kunci dalam melaksanakan dan melancarkan berbagai usaha demi tercapainya tujuan tersebut (SDG4).

Pendidikan adalah hak asasi setiap manusia dan merupakan tanggung jawab bersama. Mari kita wujudkan pendidikan yang berkualitas, setara, dan merata demi tercipta kehidupan mendatang yang lebih baik.

Facebook Comments

Check Also

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER

kasus kekerasan yang dilakukan siswa terhadap guru di Pekalongan, Jawa Tengah, maupun di Gresik, Jawa …