VISITASI PROGRAM UPSKILLING MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH SMK VOKASI – BBPPMPV DI SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA

Jakarta – pada hari Senin, 22 Agustus 2022
SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta sebagai SMK Pusat Keunggulan, dipilih oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BPPMPV) Bisnis dan Pariwisata sebagai rujukan visitasi bagi para kepala sekolah dari berbagai wilayah di Indonesia yang sedang mengikuti Program Upskilling Manajerial Kepala SMK Vokasi. Tujuan dari visitasi adalah untuk menjadi wahana para kepala sekolah untuk study banding mengenai :
1. cara membangun kerjasama sekolah degan industri.
2. Implementasi Teaching Factory
3. Penerapan budaya kerja industri di sekolah

 

Kepala sekolah yang tergabung dalam visitasi tersebut berasal dari berbagai wilayah Kalimantan (19 kepala sekolah) dan dari Jakarta (4 kepala sekolah). Dalam acara tersebut bapak Drs. H. Murtias Moenaf, M.Pd selaku pengawas SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta memberikan sambutan dan mendampingi hingga usai acara. Fasilitator BBPPMPV yang bertindak sebagai pendamping peserta visitasi adalah ibu Dra. Dwi Hastuti, M.M.

 

 

 

Acara dimulai pada pukul 08.00 dipandu oleh ibu Ari Marwiyanti, S.Pd selaku MC. Seluruh peserta menyanyikan Lagu Indonesia Raya untuk mengawali acara. Selanjutnya pembacaan Doa dipimpin oleh bapak A. Zarkasi, S.H.I. dilanjutkan sambutan dari BBPPMPV yang disampaikan oleh ibu Dra. Dwi Hastuti, M.M. Beliau menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan para peserta program upskilling manajerial kepala SMK Vokasi dan besar harapan diperkenankan belajar dari kisah sukses SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta meraih penetapan sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK PK).


Bapak Mulyana, S.H., M.M. menyambut baik kehadiran para peserta dan meminta agar acara ini bisa juga menjadi media berbagi praktik baik diantara para kepala sekolah yang hadir. Bapak Mulayan melanjutkan dengan pemaparan materi tentang Profil Sekolah, Rencana dan Strategi Sekolah serta tahapan membangun kerjasama sekolah dengan industri. Dalam paparannya, bapak Mulyana menyampaikan prestasi kunci SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta hingga ditetapkan sebagai SMK PK.

Prestasi kunci tersebut diantaranya MOU dengan tidak kurang dari 30 industri pasangan untuk berbagai sektor link and match diantara prakterin siswa, magang guru, peningkatan kompetensi keahlian guru dan rekrutmen lulusan.
Setalah paparan materi bapak kepala sekolah, maka materi Link and Match serta Roadmap Pengembangan TKJ disampaikan oleh wakabid kurikulum bapak Faizal Riza, M.Kom. Antusiasme para peserta untuk studi banding dan berbagai praktik baik terlihat dari keseruan tanya jawab serta diskusi antara peserta dengan pemateri dari SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta. Acara ditutup dengan tukar cendera mata dan kunjungan ke bengkel praktik Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik.